Jumat, 03 Februari 2017

Pengertian,perbedaan,dan contoh dari marketplace dan toko online

Pengertian Marketplace dan Toko On-Line

Marketplace adalah model bisnis yang mana website yang bersangkutan tidak hanya membantu mempromosikan barang dagangan saja, tapi juga memfasilitasi transaksi uang secara online. 
Contoh:  eBay.com ,bukalapak.comXohop.com.

 Toko Online adalah sebuah tempat yang berupa Website yang didalamnya terdapat Program E-Commerce yaitu Cart dimana Pembeli tidak harus menghubungi pemilik toko tersebut terlebih dahulu 
Contoh: Lazada, Berniaga.comXohop.com Merchant.

Contoh market place di dunia dan indonesia

Di Dunia

  • Amazon (USA)
Menurut alexa.com pada bulan September 2016, Amazon.com mendapat peringkat ke 7 dunia
  • Taobao.com
Menurut alexa.com pada bulan September 2016, taobao.com mendapat peringkat ke 12 dunia
  • eBay Inc. (USA)
Menurut alexa.com pada bulan September 2016, ebay.com mendapat peringkat ke 27 dunia
  • Tmall
Menurut alexa.com pada bulan September 2016, tmall.com mendapat peringkat ke 34 dunia
  • Alibaba Group (China)
Menurut alexa.com pada bulan September 2016, alibaba.com mendapat peringkat ke 82 dunia
  • Flipcart
Menurut alexa.com pada bulan September 2016, flipcart.com mendapat peringkat ke 124 dunia
  • Wal-Mart Store Inc. (USA)
Menurut alexa.com pada bulan September 2016, walmart.com mendapat peringkat ke 143 dunia
  • Target
Menurut alexa.com pada bulan September 2016, target.com mendapat peringkat ke 217 dunia
  • Best Buy
Menurut alexa.com pada bulan September 2016, bestbuy.com mendapat peringkat ke 262 dunia
  • Snapdeal
Menurut alexa.com pada bulan September 2016, snapdeal.com mendapat peringkat ke 270 dunia

Di Indonesia

  • Tokopedia.com
E-commerce berjenis marketplace, yang didirikan oleh William T.  Pada bulan September 2016, Alexa.com mencatat Tokopedia.com berada pada peringkat 8 di Indonesia atau 310 dunia.
  • Bukalapak.com
Situs e-commerce berjenis marketplace yang didirikan oleh Achmad Zacky, Pada bulan September 2016, Alexa.com mencatat Bukalapak berada pada peringkat 9 di Indonesia atau 348 dunia.
  • Kaskus.co.id
Didirikan oleh Andrew Darwis, situs e-commerce ini berjenis iklan baris atau proses jual beli melalui forum. Pada bulan September 2016, Alexa.com mencatat Kaskus berada di peringkat 12 Indonesia atau 355 dunia.
  • Elevania.co.id
E-commerce berjenis marketplace yang diluncurkan PT. XL Axiata Tbk dan menggandengan perusahaan SK Planet asal Korea Selatan. Pada bulan September 2016, Alexa.com mencatat Elevania.co.id berada pada peringkat 20 di Indonesia atau 873 dunia.
  • Lazada.co.id
Salah satu cabang dari Rocket Internet asal Jerman. Pada bulan September 2016, Alexa.com mencatat Lazada.co.id berada pada peringkat 21 di Indonesia atau 864 dunia.
  • OLX.co.id
Merupakan e-commerce berjenis iklan baris. Pada bulan September 2016, Alexa.com mencatat OLX.co.id berada pada peringkat 33 di Indonesia atau 1.186 dunia.
  • BliBli.com
Anak dari perusahaan Djarum Group dan merupakan e-commerce berjenis marketplace. Pada bulan September 2016, Alexa.com mencatat BliBli.com berada pada peringkat 49 di Indonesia atau 1.991 dunia.
  • MatahariMall.com
Baru-baru ini MatahariMall.com memposisikan diri sebagai e-commerce berjenis marketplace. Pada bulan Februari 2016, Alexa.com mencatat MatahariMall.com berada pada peringkat 78 di Indonesia atau 2.072 dunia.
  • Traveloka.com
Menjadi e-commerce perjalanan yang namanya cukup diperhitungkan. Pada bulan September 2016, Alexa.com mencatat Traveloka.com berada pada peringkat 84 di Indonesia atau 3.666 dunia.
  • Bhinneka.com

Toko online yang khusus menawarkan produk yang berhubungan dengan gadget dan aksesoris. Pada bulan September 2016, Alexa.com mencatat Bhinneka.com berada pada peringkat 121 di Indonesia atau 7.072 dunia.



Perbedaan marketplace dan toko online

Online shop atau yang disebut dengan toko online adalah sistem belanja online yang mana pembeli dapat menanyakan harga atau pertanyaan apapun terkait produk kepada penjual secara langsung, dapat melalui BBM, LINE, atau Whatsapp. Di beberapa online shop, biasanya akan ada diskon setelah pembeli sering berlangganan pada online shop tersebut. Ada juga online shop yang masih memberlakukan tawar menawar harga suatu produknya. Contoh dari online shop ini sering dijumpai di Facebook dan Instagram.
Pada sistem belanja online ini, sebuah website menyediakan lahan atau tempat  bagi para penjual untuk menjual produk-produknya. Di website inilah kita akan menemukan produk dari penjual yang berbeda, ada juga beberapa penjual dari online shop. Setiap produk yang terdapat dalam website tersebut telah diberikan spesifikasi dan penjelasan kondisi produknya, sehingga pembeli dapat langsung mengklik tombol “beli” kemudian melakukan transfer sejumlah harga yang tercantum. Pada sistem belanja ini, penjual tidak melakukan tanya jawab kepada pembeli dan tidak ada diskon ataupun tawar menawar seperti pada online shop.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar